9.28.2010

SimpleData - Aplikasi Open Source Penjualan dan Pengadaan Barang Berbasis Website



SimpleData merupakan aplikasi untuk penjualan dan pengadaan barang yang mudah digunakan. SimpleData mengatur semua penjualan, pembelian dan aktifitas pengadaan melalui we browser secara intranet. Dengan software kuitansi berbasis web,anda dapat terhubung dengan kantor cabang secara bersamaan semuanya didalam satu sistem yang dapat memungkinkan bagi para tim penjualan anda untuk beroperasi dimanapun dan staf administrasi anda dapat mengetahui data secara real-time. Tambahan lainnya, SimpleData dibuat untuk dapat menangani jumlah dan kapasitas traffic besar dan dapat anda implementasikan bagi sebuah perusahaan besar.

Secara langsung melalui web browser anda, SimpleData dapat mengatur semua kuitansi, penawaran, laporan penjualan, pembelian, pengadaan, retur, nomor seri dan permintaan penawaran. Semua laporan atau form dapat dicetak atau diemail langsung ke konsumen atau vendor. SimpleData juga dapat mengatur pengadaan dari satu lokasi ke banyak lokasi dan memprediksi kapan stok habis. SimpleData bekerja dengan sistem akuntansi yang populer, sehingga anda dapat mendownload informasi dari SimpleData serta menggunakannya untuk software akuntansi anda.
Features:
  • Invoice, Quotes, Purchase Orders, RFQ Management
  • Can be implemented as a company wide ERP solution.
  • Advanced AJAX User Interface
  • Multi-Currency support with auto currency translation and display formating options
  • Advanced Multi-Location Inventory Control and RMA Management
  • Sales Lead Management
  • Appointment Calendar with Calendar View mode on other pieces of data including Invoices, Quotes, and more.
  • 25 built-in Reports
  • Export data to popular spreadsheet applications
  • Built-In Spell Checker
  • Repeat Invoice Feature
  • Exports to IIF format used by popular Accounting Suites
  • Customizable with complete source code included and Dreamweaver Compatible Templates
  • Access from any computer with a Web Browser
  • Requires: Apache, PHP (v4+, v5+), MySQL (v3.23+ & 4.0+, 4.1+), and a modern Web Browser (IE 5+, Opera 7+, NS7+, Firefox) with JavaScript Support.

Fitur Terbaru dari Internet Explorer 9 (IE9)



Internet Explorer 9, saat ini sedang dalam pengembangan, dan memiliki dukungan yang lengkap atau mendekati lengkap untuk semua jenis css 3 selector, border-radius css 3 property, JavaScript yang lebih cepat, embedded ICC v2 atau v4 color profiles, dan hardware accelerated rendering menggunakan Direct2D dan DirectWrite. Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa Web Open Font Format (WOFF) juga akan disupport.

Desain dan User Interface:
Micsofoft mengklain dengan desain yang baru, halaman website akan lebih terlihat dibandingkan dengan Firefox, meskipun hanya beberapa centimeter saja. Tampaknya Chrome yang benar-benar menampilkan halaman dengan lebih luas, tetapi sejujurnya perbedaan area tidaklah terlalu signifikan bagi kita.

Sebagian besar perubahan layout dapat terlihat jelas, menu bar telah dihilangkan dan kontrol navigasi / address bar kini berada di forefront. Tampaknya perubahan ini mirip seperti tampilan Chrome. Kompatibilitas tampilan, refresh dan tombol stop diletakkan di address bar dan terdapat favorit dan tombol tool pada bagian ujung kanan.

Performance:
IE9 Beta cukup mengalami peningkatan kecepatan pada akselerasi fitur hardware didalam browser, Dapat memproses rendering yang paling kompleks dari sebuah animasi, video dan tema teks yang kompleks bagi prosesor grafis, serta engine JavaScript yang baru (yang oleh Microsoft dijuluki Chakra) mampu menggunakan PC extra processing core untuk menjalankan script di halaman website .

Kemampuan dari JavaScript engine terbukti saat kita menjalankan Microsoft official demo di website test-drivenya, sama seperti pada SunSpider benchmark suite. In aplikasi sebenarnya seperti Gmail dan Facebook, kecepatan browser dan prosesnya mendekati seperti yang kita lihat selama ini di Chrome dan Firefox. Terdapat beberapa hal yang tidak bekerja sesuai yang diiklankan seperti saat kita menggunakan chat windows di Gmail. Browser tidak dapat minimize dengan benar. Developer tool sudah terdapat didalamnya (tekan F12) apabila anda ingin menggali lebih dalam DOM atau mengukur performa.

Meletakkan website (Pinned Sites):
Ini bukanlah fitur baru yang paling menonjol dari IE9, tetapi ini mungkin menjadi favorit kita. Apabila anda selalu membuka aplikasi web yang sama setiap harinya seperti Gmail, Pandora, Twitter, dan Facebook, tetapi secara tidak sengaja menutupnya bersamaan dengan website lain. IE9 dapat memisahkan website -website semacam itu dan mengunci pada Windows Taskbar. Anda dapat men-drag sebuah site ke bar, dan saat diletakkan disana akan memunculkan favicon sehingga tampak seperti program yang terpisah. Beberapa website juga mendukung jump list, yang berupa list dari beberapa shortcut yang tampil saat anda klik-kanan pada icon.

One Box:
Address bar di IE9 masih berfungsi ganda sebagai pencarian, tetapi kini memiliki kapabilitas tambahan. Fitur pencarian default adalah Bing, tetapi anda dapat menginstal Google, Wikipedia, Amazon, Facebook dan banyak lainnya melalui Add-On page. Anda

Fungsi Tabs:
Tabs bukan hal baru di Internet Explorer, tetapi Microsoft menambahkan beberapa trik baru. Dapat dengan mudah dilepas, dan bahkan apabila anda melakukan sesuatu seperti memutar video di Youtube, melepasnya tidak menghentikan proses render. Seperti Chrome, yang memiliki kemampuan untuk mematikan satu tabs apabila website mengalami macet/hang, daripada menutup keseluruhan web browser, anda dapat menuju task manager dan hanya mematukan tabs tertentu.

Download manager:
IE9 menambahkan downloar manager yang dapat anda lihat saat anda sedang mendownload dalam bentuk progress download anda. Juga terdapat SmartScreen Filter, yang memberikan peringatan akan keamanan data. Peringatan tampil dalam browser tidak dalam bentuk pop-up lagi.


SEO Profiler - Website untuk Analisa Backlink dan Keyword / Kata Kunci



Siapa yang terhubung dengan website saya? Ini merupakan pertanyaan umum sehari-hari bagi setiap webmaster. Dan terdapat website yang mampu menjawab sesuai target anda. SEO Profiler adalah database link. Dengan fitur pencarian yang memberikan anda kemampuan untuk menemukan siapa saja yang terhubung/ter-link dengan website anda, dan juga menyelidiki sumber link dan komptetitor anda. Ini akan memudahkan anda menemukan cara lebih cepat darimana para komptetitor anda mendapatkan begitu banyak pengunjung yang mana konten websitenya tidak sebaik milik anda.

Sebagai tambahan, SEO Profiler juga menyertakan keyword reserach tools untuk membantu anda dalam memberikan tag pada artikel anda dengan lebih akurat, dan juga memfungsikan kata kunci tersebut yang selalu dicari oleh mesin pencari. Ini menjadi sesuatu yang menarik karana seringkali trend kata kunci adalah sesuatu yang tidak mudah kita dapat.

Seperti penjelasan diatas, website ini membuat kerja webmaster menjadi lebih efektif. Apabila anda membutuhkan peningkatan kualitas SEO website anda, silahkan mencoba website ini.

VPS Cloud Hosting - Web Hosting di Masa Depan



Web hosting telah semakin berkembang dan menyesuaikan dengan perubahan industri internet dari dekade yang lalu, dengan tipe web hosting baru yang muncul setiap beberapa tahun. Jenis yang terbaru saat ini adalah Cloud Hosting. Web hosting jenis ini tidak sekedar mentargetkan pada grup yang spesifik atau para webmaster. Ini lebih mengarah ke web hosting masa depan, dan kini telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Google untuk menjalankan beberapa halaman dengan loading time tercepat yang pernah kita saksikan. Apabila anda penasaran apa yang dimaksud cloud hosting, atau apabila anda ingin mengetahui apakah VPS cloud hosting tepat untuk anda maka anda dapat membaca artikel berikut ini.

Apakah yang dimaksud Cloud Hosting ?
Cloud hosting adalah jenis VPS web hosting yang dijalankan pada keseluruhan jaringan server yang prima. Paket share hosting juga menjalankan konsep serupa, namun terdapat ratusah website yang saling berbagi pada satu server. Dengan cloud hosting resource didistribusikan seperlunya dengan kecepatan tinggi melalui jaringan. Apabila sebuah website memerlukan jumlah bandwidth yang besar pada suatu ketika maka dia dapat mengakses dari web server di lokasi yang terpisah secara instant. Dengan kemampuan server seperti ini akan menghilangkan batasan hosting karena setiap akses website akan diberikan jumlah resource server yang bisa dikatakan tidak terbatas. Google saat ini menyajikan hasil pencarian menggunakan server jenis cloud hosting.

Berapa biaya Cloud Hosting?
Uniknya, cloud hosting tidak lebih mahal dari jenis hosting VPS konvensional dari sisi harga. Tetapi sistem pembayarannya jauh berbeda, dengan cloud hosting anda lebih diarahkan pada sistem pay-as-you-go (bayar sesuai kebutuhan). Dengan cloud hosting anda hanya perlu membayar kebutuhan server yang melebihi dari kapasitas paket yang disediakan. Sebagai contoh, apabila paket yang anda pilih 10GB kapasitas disk dan secara mendadak kapasitas disk bertambah, paket tidak akan dibatasi, dan webmaster hanya akan dikenakan biaya untuk kelebihan tersebut. Konsep ini sangat disukai oleh para pebisnis yang tidak dapat memprediksi secara akurat seberapa besar trafik website yang akan mereka terima.

Kapan diperlukan VPS Cloud Hosting?
VPS cloud hosting merupakan pilihan yang tepat untuk pebisnis eCommerce, website korporasi, internet marketer, video hosting dan berbagai tipe website lainnya yang memungkinkan menarik minat banyak pengunjung secara mendadak. Selain VPS cloud hosting dapat mengatasi lonjakan traffic tanpa mempengaruhi performa website anda, juga apabila anda tidak mengetahui mengenai kebutuhan website anda dimasa depan, atau anda sudah lelah melakukan upgrade hosting secara terus menerus di berbagai paket hosting dikarenakan website anda semakin berkembang, maka anda perlu mempertimbangkan keuntungan dari VPS cloud hosting ini. Fitur yang tidak terbatas, sistem pembayaran yang cukup fair, dan paket komprehensif yang dapat mengakomodir kebutuhan klien secara luas membuat VPS cloud hosting menjadi pilihan di masa depan. Banyak pakar yakin bahwa VPS cloud hosting akan menjadi salah satu hosting yang tersisa seiring perkembangan internet.

Tips Mengoptimalkan Penjualan Toko Online Anda



Beberapa toko online terlalu mendesain website mereka. Beberapa menggunakan animasi flash yang dapat memperlambat web browser calon pembeli, atau memberikan desain dengan warna yang kurang disuka oleh pengunjung.

Terdapat banyak kasus dimana para web designer mengabaikan pentingnya usability, meskipun elemen yang kreatif tampak menarik dan sangat atraktif dari sisi desain, tetapi hal ini akan menjadi sangat merugikan bagi para pengunjung website untuk mencoba mengklik produk atau melakukan checkout. Anda perlu melakukan beberapa test yang dapat membantu memperoleh perspektif yang benar untuk memperoleh hasil yang terbaik.

Berikut ini beberapa tips yang dapat meningkatkan pengunjung website dan sekaligus pembelian terhadap produk yang anda jual dengan beberapa teknik yang cukup sederhana.

1. Pastikan Shopping Cart anda tampak jelas
Apabila konsumen menambahkan item produk ke keranjang belanja/cart, mereka ingin mendapat kepastian bahwa item tersebut telah tercatat. Karenanya, pastikan selalu terdapat jelas informasi item produk konsumen yang telah dibeli, serta petunjuk mengenai produk untuk checkout.

Dengan data checkout yang jelas akan membantu mempermudah proses transisi dari berbelanja ke checkout. Dimanapun posisi konsumen berbelanja, penting untuk tetap menampilkan link ke halaman checkout. Mungkin anda dapat membuatnya lebih jelas dengan memberi warna yang lebih kontras pada bagian informasi item produk dan link checkout agar mudah dikenali.

2. Optimalkan tombol "Add to Cart"
Pengunjung website dan konsumen merespon secara berbeda pada tombol dan kata-katanya. Sebagai contoh apabila tombol "Add to Cart" anda tertulis "more details" atau "learn more" maka ini akan memberikan reaksi berbeda pada reaksi konsumen.

Tombol "Add to Cart" atau "Buy Now" adalah tombol aksi yang spesifik dan akan memperoleh respon positif dari pembeli. Warna juga penting dalam elemen desain. Sesuai dengan tipe bisnisnya, beberapa warna tertentu dapat memicu perilaku yang berbeda pada pengunjung website anda.

Sebagai contoh, biru dan hijau adalah warna yang ramah yang umumnya akan dituruti oleh pengunjung, berbeda dengan jingga atau merah yang terkesan mengurangi performa tombol "add to cart", namun hal ini kembali lagi disesuaikan dengan konsep penjualan dan ciri bisnis anda. Menggunakan warna yang sesuai dengan website anda akan lebih efektif dalam memicu aksi pengunjung.

3. Sederhanakan pencarian dengan fungsi "Auto-Complete"
Bagi sebuah website e-commerce, kotak pencarian adalah fitur sangat penting untuk pengunjung dalam mengakses produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Lebih dari 20% pengunjung lebih suka menggunakan fitur pencarian secara langsung daripada mengikuti navigasi berdasarkan kategori produk.

Dalam beberapa situasi, pencarian dapat menghasilkan data lebih dari yang kita inginkan atau hasil yang keliru apabila pengunjung tidak menggunakan kata kunci yang tepat, penggunaan fungsi 'autocomplete' pada kotak pencarian dapat memberikan hasil yang paling mendekati sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh konsumen.

4. Perjelas navigasi URL website anda
Apabila anda memiliki terlalu banyak kategori, ini merupakan pekerjaan yang sulit. Tetapi, dengan submenu yang tampil pada saat mouse-over dapat menjadi cara yang efektif untuk mengakses kategori dengan lebih mudah.
Jangan terlalu berpatokan pada artistik tampilan kategori dan elemen navigasi, konsumen akan berterima kasih dengan cara membeli produk anda apabila anda membuatnya lebih praktis.

Anda dapat gunakan "bread crumb" agar konsumen dapat melacak jalan kembali ke halaman sebelumnya, sehingga proses belanja lebih lancar. Buat path diantara kategori dan subkategori. Karena terkadang konsumen setelah membeli produk mereka ingin kembali berbelanja produk lainnya.

5. Biarkan konsumen dapat mengontrol proses belanja mereka
Semua konsumen adalah unik, dan mereka memiliki kesenangan belanja masing-masing. Menyediakan perangkat untuk konsuman dapat menjelajah kategori dan produk di web anda akan meningkatkan pembelian.
Pastikan anda menyertakan kemampuan untuk mengurutkan produk berdasarkan harga, review produk, best seller dan tanggal rilis atau pilihan untuk menampilkan jumlah produk / item per halaman sehingga pengunjung dapat memilih lebih spesifik produk yang mereka inginkan.

6. Menyediakan preview produk secara singkat
Pengunjung yang mencari produk secara online mungkin menginginkan dapat menjelajah halaman kategori dan menemukan produk yang mereka inginkan secara cepat.

Dikarenakan oleh lambatnya kecepatan loading atau berbagai proses, meng-klik masing-masing produk secara terpisah akan memakan waktu dan menjemukan sehingga dihindari oleh pengunjung.

Dengan menambahkan preview cepat pada kategori dan pencarian produk akan membuat konsumen lebih nyaman dalam memilih sebelum melihat detail produk secara lebih lengkap.

7. Tampilkan halaman produk anda dengan bersih
Pengelompokan pada halaman produk anda adalah elemen penting untuk dapat memastikan konsumen memperoleh informasi yang menyenangkan mereka.
Mungkin anda bisa memikirkan bagaimana menampilkan review konsumen pada samping halaman produk. Revie produk merupakan bagian penting yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, namun hal ini tidak harus menjadi bagian pertama yang dilihat konsumen. Beberapa elemen yang ditambahkan dapat membuat proses pengelompokan yang kompleks dan dapat membingungkan mata pengunjung.

Elemen pertama tentunya adalah foto. Pengunjung ingin melihat dengan jelas apa yang mereka dapatkan dengan membayar. Kemudian adalah nama produk, deskripsi dan harga. Anda dapat tempatkan review konsumen dan link seperti similar product di bagian bawah halaman.

8. Tampilkan dengan jelas ketersediaan produk anda
Untuk toko online yang sibut, stok produk seringkali berubah. Saat pengunjung meluangkan waktu membandingkan produk, mencari produk dengan harga yang tepat dan membeli produk tersebut, maka akan sangat mengecewakan apabila kenyataan bahwa produk tersebut telah habis terjual/out of stock, hal ini akan menyebabkan hilangnya pembeli.

Hindari kekecewaan dari konsumen dengan memberikan informasi secara real-time stok produk anda serta informasi ketersediaan produk anda di halaman detail produk.

9.Tampilkan variasi produk secara intuitif
Banyak industri yang dalam proses pemesanannya mengikutsertakan pemilihan beberapa variasi dari produk utamanya. Untuk item yang mungkin memerlukan pilihan ukuran, warna, pastikan tampil dengan jelas. Termasuk perbedaan kombinasi warna.

Gunakan pilihan warna dalam bentuk gambar yang mewakili seperti tabel warna, tabel ukuran dan tambahan elemen seperti drop-down atau radio-button.

10. Hilangkan hal yang dapat membingungkan pada proses checkout
Saat konsumem melakukan proses checkout, anda ingin mereka pergi pada alur yang jelas. Saat mendesain, hilangkan item seperti navigasi sidebar agar proses tetap terkonsentrasi pada checkout.

Abaikan dulu promosi penjualan anda. Setiap detik pada halaman checkout sangat berharga untuk dapat memastikan bahwa pembelian akan terjadi. Satu halaman checkout akan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian. Sederhanakan proses checkout akan membuat pembeli lebih mudah dalam berbelanja sampai selesai. Satu halaman saja dan konsumen dapat mengisi shipping, billing dan informasi lainnya.

Satu halaman checkout juga cara yang baik untuk membuat konsumen datang dan berbelanja kembali. Ingat, proses belanja yang mudah akan selalu ada dalam ingatan konsumen dan mereka akan kembali berbelanja di website anda.