8.28.2010

Daftar Fitur Terbaru dari Web Browser Google Chrome 6



Google Chrome kini sudah akan merilis versi terbarunya, pengembangan kali ini banyak memiliki fitur-fitur unggulan yang akan membuat anda lebih nyaman dan aman dalam berselancar di dunia maya.
Berikut ini adalah daftar fitur-fitur unggulan dari Google Chrome 6:

1. Default Browser
Google telah mengubah pilihan "Set Google Chrome as my default browser". Sebelumnya chrome menggunakan pertanyaan ini setelah melakukan instalasi. Tetapi kini pilihan ini tersedia sebelum melakukan download.

2. Chrome StartUp
Google telah membuat menjadi semakin mudah sehingga pengguna dapat langsung menggunakan chrome langsung setelah instalasi. Versi sebelumnya chrome menggunakan banyak waktu untuk mengimport bookmark dan mengatur beberapa setting setelah instalasi.

3. Select the search engine
Chrome versi sebelumnya menggunakan Google sebagai default mesin pencari. Tetapi versi terakhir memberikan akses penuh bagi pengguna untuk memilih mesin pencari favorit mereka. Chrome menyediakan 3 pilihan mesin pencari yaitu Google, Yahoo dan Bing. Pengguna dapat memilih satu diantaranya.

4. 3-in-1 button
Di tempat tombol Go (yang berada di posisi kanan setelah baris URL) kini anda akan melihat icon bintang untuk melakukan bookmark sebuah halaman atau meng-edit bookmark yang ada. Tombol stop telah digabung dengan tombol reload. Selama halaman melakukan loading maka tombol stop akan tetap ditampilkan. Apabila proses load telah selesai, tombol akan berubah secara dinamis menjadi tombol reload/refresh.

5. Home button removed
Tombol home akan dinonaktifkan secara default pada versi beta terbaru. Anda dapat manfaatkan custom start page sebagai home button, cukup buka sebuah tab dan anda akan membuka halaman 'home'

6. List view mode removed
Google telah menghapus list view mode untuk website paling sering dikunjungi. Kini pengguna dapat melihat website yang paling sering dikunjungi hanya melalui mode thumbnail.

7. History & Downloads
Google telah menambahkan satu klik untuk mengakses list history dan download. Pengguna tidak perlu kesulitan menekan tombol Ctrl+H dan Ctrl+J.

8. Smarter URL Bar
Chrome 6 kini menampilkan konten berbentuk simbol di URL bar ketika anda mulai mengetik. Chrome mencoba mengartikan apa yang anda cari dan akan menawarkan beberapa pilihan - search query, URL, search result di favorit anda atau browsing history. Setiap pilihan ditandai dengan sebuah simbol.

9. Updated Zooming option
Chrome 6 memiliki pilihan zoom in dan zoom out yang lebih halus. Google telah mengurangi hanya menjadi satu tombol properti. Halaman menu telah digabung di Tools menu. Kini pengguna dapat melakukan zoom in dan zoom out hanya dengan melakukan satu kali klik mouse.

10. Cut, Copy anda Paste
Google telah mencoba memaksimalkan dalam mengefektifkan user. Telah ditambahkan shortcut pada banyak pilihan yang sebelumnya pengguna harus mengaksesnya dengan menggunakan shortcut keyboard. Google telah menambahkan pilihan tombol cut, copy dan paste di Chrome 6.

11. Clear Browsing Data
Google 6 telah menambahkan fitur satu kali klik untuk menghapus data browsing. Versi sebelumnya di Chrome memerlukan cukup banyak waktu untuk mengakses fitur ini. Pengguna harus menuju Chrome options, mengarahkan ke 'Under the Hood' menu dan klik disana yang terdapat pilihan untuk menghapus data browsing.

Di Chrome 6 terdapat sebuah shortcut yang ditambahkan di pilihan Tools dibawah properties, seperti ditampilkan di gambar. Dan tombol shortcut 'Shift+Ctrl+Delete' juga dapat melakukan hal yang sama.

12. Task Manager Link
Google juga menambahkan sebuah link untuk membuka task manager seperti yang lalu dengan mengklik Shift+Esc.

13.Native PDF
Chrome 6 akan menyertakan PDF reader, jadi anda tidak perlu menginstal Acrobat Reader. Juga anda tidak perlu mengkhwatirkan mengenai security update lagi, karena Google akan mengupdate PDF Reader secara otomatis apabila diperlukan.

14. Security Information
Google menghabiskan banyak waktu dalam mengupdate fitur-fitur di Chrome 6. Sebelum URL, pengguna dapat melihat simbol globe yang menyediakan informasi mengenai security/keamanan dari halaman website yang sedang diakses.
Fitur ini menyediakan 3 informasi:
  1. Identity: menjelaskan siapa pemilik website . Dan juga penjelasan singkat apabila website telah diverivikasi oleh perusahaan lain.
  2. Connection: menjelaskan tentang informasi enkripsi dan kompresi.
  3. Kunjungan terakhir anda ke website ini.
15. Shorter URL
URL pada URL bar tidak berisi HTTP atau WWW. tetapi hanya alamat / domain URL saja, ini adalah salah satu perubahan yang patut dicatat di Chrome 6.

16.50.00