7.22.2010

Tips Mengunakan Situs Jejaring Sosial/Social Networking Untuk Meningkatkan Penjualan Produk dan Bisnis Anda



Terhubung dengan orang lain secara global menjadi semakin mudah dari hari ke hari, ini dengan adanya teknologi Social Networking / jejaring sosial yang makin banyak dan tentu saja dari kegiatan jaringan yang bernama Internet!. Semuanya, dari mulai makanan hingga tiket pesawat, tersedia hanya dengan klik pada desktop anda. Sebagai hasilnya, kegiatan bisnis dapat terbantu dengan adanya social networking, dan berikut caranya:

1. Website
Pemilik wajib memilik website untuk memasang produknya, serta menujukkan tentang point plus dari produknya melalui website tersebut, dan juga membuat user meyakini produk yang anda jual adalah nyata. Harus atraktif dan menarik perhatian.

2. Sediakan link ke website Social Networking
Pemilik produk harus mempublikasikan website / link ke produknya menggunakan website social networking seperti Facebook dan Orkut dan memulai diskusi disana untuk memperoleh feedback mengenai produknya.

3. Blogging
Menulis blog mengenai produk dan mengupdate secara rutin dapat menambahkan feedback lebih dari website Social Networking karena posting di blog bersifat publik dan Social Networking umumnya tidak.

4. Twitter Account
Pemilik produk/organisasi, yang ingin mempublikasikan produknya, dapat membuat akun di twitter dan menanyakan pada user yang mem-follow di Twitter-microblogging site. Tetap lakukan "tweet" setiap update mengenai produk dan user akan dapat memperoleh informasi secara teratur.

5. Upload Video
Layanan seperti Youtube dan Metacafe dapat digunakan untuk upload video/iklan dari produk dan link di video tersebut dapat dipublikasikan dengan menggunakan berbagai media diatas (social networking).

6. Shopping Website
Menggunakan website belanja seperti ebay dan paypal untuk menjual produk dibanding pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit. Sistem pembayaran yang lebih baik akan meningkatkan penjualan dari produk.

7. Komunitas
Diskusi dan pertemuan online harus dilakukan untuk mendiskusikan mengenai produk yang digunakan konsumen. Komentar, baik atau buruk, harus diterima dan yang penting adalah semuanya dapat membawa perbaikan bagi produk. Komunitas dapat dimulai di website social networking. Melibatkan semakin banyak publik dapat dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk melakukan riset/survey menggunakan agen iklan.

8. Mengurangi media iklan TV / iklan Cetak
Perusahaan/organisasi menghabiskan banyak biaya untuk membuat iklan di TV/Media Cetak. Jumlah ini sangat besar dengan tujuan agar user dapat mengetahui apa produk yang dirilis dan ditawarkan. Hal serupa dapat dilakukan meskipun melalui website social networking, dan tentunya dengan biaya jauh lebih murah.

9. Analisis
Menjual produk haur menganalisa data dan statistik yang dapat diperoleh dengan Google Analytics. Minat konsumen terhadap produk tertentu dapat diidentifikasi menggunakan layanan ini. Dengan ini, akan mengurangi biaya bagi agensi luar atau analis bisnis.

10. Tawaran
Pemilik dapat berinteraksi secara langsung dengan publik, memberikan mereka tawaran yang menarik, dan hal ini dapat meningkatkan penjualan. Orang muda umumnya lebih mudah tertarik karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu di website social networking.

18.17.00