2.27.2010

5 Control Panel Paling Populer dan Paling Banyak Digunakan di Industri Web Hosting Saat Ini

Control Panel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merawat dan mengatur administrasi akun web hosting dan juga domain anda. Dengan Control Panel anda dapat memaksimalkan tugas rutin perawatan server/domain dan tugas administrasi.

Terdapat banyak pilihan bagi user untuk menggunakan control panel, tetapi 5 control panel berikut ini adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan di industri web hosting saat ini:


cPanel sejauh ini merupakan controlk panel paling populer dan mungkin menjadi control panel yang paling user-friendly. cPanel menyediakan layanan dan fitur lebih banyak dari control panel lainnya. cPanel merupkan all-in-one web hosting solution, customer dapat mengatur semua administrasi dari mulai domain hosting, FTP, membuat email dan perawatan database. Pengguna cPanel juga memiliki pilihan untuk melakukan penjualan web hosting atau lebih populer disebut reseller dengan fitur reseller account. User interface cPanel didesain dengan baik sehingga anda dapat menguasai sebagian besar fiturnya hanya dalam waktu singkat. Karena ini adalah control panel yang paling populer, maka tentu saja memiliki tutorial online yang paling banyak di internet. Dengan semua kelebihan ini membuat cPanel menjadi control panel favorit bagi web hosting.


Plesk versi Linux dikatakan merupakan satu-satunya control panel yang paling powerful dan stabil di pasaran saat ini. Meskipun Plesk tidak mengusung atribut selengkap cPanel, sistem belajar untuk control panel ini sangat singkat. Faktanya, sebagian besar fungsinya didesain untuk mengautomasi semua fungsi administrasi. Plesk for Linux dapat mengontrol hingga 30 domain secara dasar, tetapi anda memiliki pilihan untuk upgrade menjadi unlimited domain apabila anda menginginkannya.


ServerCP juga merupakan salah satu control panel yang user-friendly yang kebanyakan terintegrasi dengan VPS dan paket Dedicated Hosting. ServerCP juga merupakan web hosting solution Linux-based yang sangat powerful dan memiliki fitur yang sangat banyak. ServerCP mendukung unlimited domain dan mempunyai instalasi yang user-friendly yang mana anda dapat menginstall dengan mudah berbagai aplikasi web hosting seperti aplikasi blogging (seperti Wordpress), photo gallery, atau bahkan e-commerce shopping cart. ServerCP tersedia dalam versi gratis (ServerCP Lite) atau anda dapat mengupgrade software ke versi premium.


Virtuozzo Power Panel dibuat oleh perusahaan Parallels. Control panel ini tersedia di berbagai versi didesain mendukung sistem operasi Windows dan Linux VPS (virtual private server). Virtuozzo Power Panel memiliki akses fitur administrasi secara langsung dari web browser. Beberapa fungsi yang dapat diakses melalui web browser termasuk didalamnya web service resource monitoring. Dengan Virtuozzo Power Panel, anda dapat memiliki jumlah kontrol tanpa batasan, semua melalui web browser anda, dan disebutkan ini salah satu control panel bagi user Virtual Private Server yang paling optimal

1 komentar: