3.17.2010

5 Hal Penting Dalam Mendesain Suatu Website



Apabila ini mengenai website anda, perlu adanya perhatian penuh untuk setiap detail agar memperoleh hasil yang optimal dan dapat berjalan sesuai dengan yang anda inginkan. Berikut 5 hal yang perlu anda ketahui dalam merancang sebuah website.

1. Jangan menggunakan Splash Page / Halaman Selamat Datang
Splash page adalah halaman awal yang ada lihat apabila mengunjungi sebuah website. Umumnya sebuah gambar dengan tulisan "Welcome /Selamat Datang" atau "Click here to enter". Faktanya hal ini tampil begitu-begitu saja tanpa ada kegunaan yang pasti. Jangan biarkan pengunjung anda memiliki alasa untuk menutup website anda / meng-klik tombol "Back". Berikan pengunjung anda isi dari website anda tanpa ada halangan sebuah splash page.

2. Jangan menggunakan banner iklan berlebihan
Meskipun rata-rata pengguna internet telah terlatih untuk mengabaikan iklan banner sehingga mereka tidak akan tertarik dengan iklan yang berlebihan. Sebaliknya, sediakan konten iklan yang relevan dengan konten website anda, dan biarkan pengunjung anda yang merasa butuh untuk membeli, bukan dipaksa untuk membeli.

3. Gunakan navigasi menu yang jelas dan sederhana
Anda perlu menyediakan navigasi yang sederhana dan navigasi yang langsung ke tujuan, jadi meskipun anak kecilpun akan dapat menggunakannya. Jauhi navigasi berbasis Flash yang rumit atau multi drop-down menu yang rumit. Apabila pengunjung web anda kesulitan menggunakan navigasi web anda, mereka akan meninggalkan website anda.

4. Miliki indikasi yang jelas dimana user berada
Saat pengunjung sedang asyik browsing website anda, anda tentu ingin mereka betul-betul mengetahui bagian dari website dimana mereka berada. Dengan itu, mereka akan dapat mengakses informasi yang relevan dan mengakses tiap bagiannya dengan mudah. Jangan buat bingung pengunjung anda saat browse.

5. Hindari menggunakan suara pada website anda
Apabila pengunjung ingin tinggal cukup lama di website anda, membaca konten disana, anda tentu ingin pastikan bahwa mereka tidak terganggu dengan suara musik yang berulang-ulang di web anda. Apabila anda tetap memaksakan adanya suara musik, pastikan terdapat kontrol untuk mematikan atau mengurangi volume suara musik.

16.27.00