3.15.2010

Spyware dan Malware - Bagaimana Cara Menghindari dan Mencegah Komputer Terkena Spyware



Kini dengan semakin banyaknya pengakses internet dan aplikasi yang dikembangkan begitu banyak dan bervariasi, membuat komputer kita rentan terkena spyware, malware atau hal-hal yang serupa.
Spyware merupakan aplikasi yang cukup merusak di-masa modern ini, dan selalu menjadi hot topik dalam berbagai hal. Spyware berasal dari kata spy dan ware yang berarti software yang memata-mati kegiatan anda di komputer, dan mengambil keuntungan dari proses tersebut. Bentuk spyware bermacam-macam, diataranya: beraksi seperti virus, melakukan pemaksaan proses pada web browser anda, menampilkan iklan dalam bentuk pop-up secara terus menerus, atas secara langsung merusak sistem dan data komputer.
Hal ini tampaknya tidak mudah untuk diberantas, dan sudah menjadi keharusan bagi anda yang menggunakan komputer untuk menaruh perhatian bagaimana mencegah komputer terinfeksi oleh spyware. Selain proses normal, anda juga perlu melakukan pengecekan/scanning secara rutin terhadap spyware.
Berikut beberapa langkah penting untuk mencegah spyware:
Install dan jalankan program anti spyware
  1. Menggunakan Windows Defender (direkomendasikan), program ini sudah ada pada waktu kita menginstall Windows yang versi baru, tetapi juga dapat anda download secara gratis apabila tidak terdapat dalam Windows anda.
  2. Spybot Search and Destroy - Spybot diberikan secara gratis dan bekerja sangat bagus dalam mendeteksi dan menghancurkan spyware. Spybot salah satu software yang paling umum direkomendasikan ketika seseorang menghadapi problem spyware. Juga terdapat pilihan yang dapat membantu memberikan imunisasi atau pencegahan terhadap spyware.
  3. Lavasoft's Ad-Aware - Ad-Aware memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam mendeteksi spyware dan umum direkomendasikan dalam penangkal spyware. Anda dapat mendownload software ini dan menggunakannya secara gratis untuk keperluan pribadi.
Update Spyware Database
Langkah awal setelah anda mendownload software adalah melakukan update database spyware definisi yang setiap anti spyware menyediakannya secara online. Setiap hari selalu ada spyware baru, dan demikian pula program anti-spyware menyediakan update database terbaru untuk mendeteksi spyware-spyware baru. Anda perlu memiliki database yang selalu up-to-date agar program anti spyware dapat berjalan dengan baik dalam mendeteksi spyware. Kebanyakan software anti-spyware memiliki fitur download online, dan secara otomatis menginstall update, pastikan fitur ini anda diaktifkan.
Lakukan scanning secara rutin
Beberapa program anti-spyware telah menyediakan fitur jadwal auto scanning secara otomatis, dengan demikian maka komputer anda akan selalu terlindungi dan akan dilakukan scanning setiap hari.
Mungkin ada program yang tidak memiliki fitur ini, tetapi kebanyakan memiliki fitur jadwal scan, pastikan jadwal scanning berjalan secara rutin.
Beberapa program memiliki bentuk perlindungan terhadap komputer yang cukup tinggi, yang dapat mencegah spyware terinstall secara otomatis di komputer atau web browser. Program anti-spyware dapat mengunci halaman homepage web browser sehingga tidak dapat diubah, atau tidak dapat diganti tanpa ijin, fitur ini sangat bagus dan disarankan untuk diaktifkan.
Namun hingga saat ini belum terdapat anti-spyware yang sempurna, semua memiliki kelebihan dan kekurangan, karena itu terdapat beberapa pilihan program yang dapat anda gunakan. Anda dapat gunakan semua program tersebut atau secara bergantian untuk menyelesaikan problem spyware anda.

20.24.00